Sabtu, 27 Februari 2016

Ma’had ‘Aly Berbagi Inspirasi [LIPUTAN KHUSUS]



Ahmad Zailani, Sedang menebar inspirasi di SDN Pacet 1
Ma’had ‘Aly Masjid Nasional al-Akbar Surabaya sukses menyelenggarakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) angkatan IV pada tanggal 09 – 20 Februari 2016 di Pacet, Mojokerto. KPM ini merupakan program akademik kampus Ma’had ‘Aly yang bertujuan agar para Mahasantri (sebutan mahasiswa Ma’had ‘aly) memiliki kesempatan untuk mengabdi kepada masyarakat dengan cara berbagi ilmu dan inspirasi atas apa yang telah dipelajarinya selama delapan semester di perkuliahan. 
Dinda Dewi, Mengajar Mata pelajaran Agama Islam di SDN Pacet 1

 Kegiatan KPM dibuka secara resmi di kantor Camat Pacet dan dihadiri para tokoh masyarakat setempat; mulai dari Camat yang diwakili oleh sekretaris Camat, Dancapil, dan lima kepala desa yang wilayahnya menjadi tempat KPM Mahasantri Ma’had ‘Aly Masjid Nasional al-Akbar Surabaya ini. 
Sekretaris Camat ketika memberi sambutan di pembukaan KPM
Para Kepala Desa di Kecamatan Pacet
Penyerahan cendera mata oleh Direktur Ma'had 'Aly

Foto bersama peserta KPM dan para tokoh Masyarakat Pacet
Adapun teknis pelaksanaan KPM ialah bekerjasama dengan lembaga pendidikan/sekolah, Jamaah pengajian, Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ), dan Takmir  Masjid. Sedangkan waktunya sejak pagi hingga malam hari.  
Untuk di lembaga pendidikan, materi yang disampaikan adalah materi sesuai silabus lembaga setempat ditambah dengan materi keagamaan dan motivasi untuk senantiasa menjadi muslim yang siap berkarya sebaik-baiknya demi meninggikan ‘izzah Islam. 
Namun jika Kajian umum, materi sesuai kebutuhan masyarakat setempat. Begitu pula jika diajak sharing, menyesuaikan masalah yang sedang di hadapi masyarakat di sana.
Sabriyadi, Mengajar bahasa Arab di SMK Thariqotul Ulum, Desa Sajen
Surahmad Effendi, Sedang memberi motivasi kepada para siswa SDN Sajen 2 (Sekolah percontohan)
Ahmad Abbas, Sedang mengisi eengajian akbar di Masjid Jami' An-Nur, Desa Sajen

Auwwalis Siyami, Mengajar mata pelajaran Agama Islam di MTs Yayasan Surban
Muadz (Juga sebagai Anggota Aktif Marini), sedang mengisi pengarahan untuk pengamanan Desa Warugunung
Aryo Wibowo, Sedang membimbing hafalan al-Qur'an di SDN Sajen 1
Ahmad Zailani, sedang aktif mengajak siswa/i SDN Pacet 1 untuk berkreasi

Selama pelaksanaan KPM, Mahasantri dibimbing langsung oleh Dosen pemangku mata kuliah KPM; Ustadz Drs. Ec. H. ABD. CHANAN, DIPL, MBA, MMI, MM dan didampingi oleh tokoh masyarakat Pacet, yakni Ustadz Ismu, Ustadz Dadang dan Ustadz Syaiful. Sedangkan Untuk tempat tinggap para peserta KPM difasilitasi oleh Takmir Masjid Al-Firdaus di Desa Warugunung.
Ustadz Ismu, Tokoh masyarakat Pacet - Mojokerto

Secara umum, baik tokoh maupun masyarakat Pacet sangat ramah kepada siapapun yang bertamu di tempatnya, namun mereka tidak ceroboh dengan begitu saja menerima orang luar yang bermaksud tinggal beberapa hari di sana, termasuk terhadap keluarga besar Ma’had ‘Aly.
Namun setelah mengetahui surat ijin dari pihak berwajib dan tokoh setempat sudah lengkap, mereka segera menerima dengan baik bahkan sangat bangga atas tujuan Ma’had ‘Aly melakukan kegiatan KPM tersebut.

Para Mahasantri sedang silaturrahim kepada takmir Masjid al-Huda, Desa Warugunung

Ketika nama besar Prof. DR. H.M. Roem Rowi, MA diketahui masyarakat setempat sebagai Mudir (Direktur) Ma’had ‘Aly, tak disangka ternyata mereka sudah mengenal Professor sebelumnya. Misalnya Sekretaris Camat Pacet, Beliau menceritakan bahwa pernah belajar kepada Prof Roem Rowi di UNAIR Surabaya belasan tahun yang lalu. Kemudian salah satu tokoh masyarakat di Desa Warugunung yang juga memberitahukan bahwa dirinya beberapa tahun yang lalu menjadi mahasiswanya Prof Roem di Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya. dengan begitu  silaturrahim awal Ma’had ‘Aly dengan masyarakat Pacet ini semakin lancar dan penuh keakraban.
Prof. DR. H.M. Roem Rowi, MA - Mudir (Direktur) Ma'had 'Aly Masjid Nasional al-Akbar Surabaya

Ada juga tokoh ‘alim ulama’ yang cukup disegani di wilayah Pacet begitu antusias menyambut kedatangan keluarga besar  Ma’had ‘Aly. Beliau adalah K.H. Muslichudin Abbas, SH atau yang akrab disapa dengan “Yai Lik”. Tak lain beliau adalah pengasuh PP Fatchul ‘Ulum – Pacet. Yai Lik sangat terbuka dan senang Pondok Pesantrennya menjadi salah satu tempat KPM. Harapannya, dengan kehadiran Mahasantri Ma’had ‘Aly, para santri semakin terinspirasi untuk terus menyelaraskan antara berfikir dan berdzikir. Kemudian saat Direktur Ma’had ‘Aly silaturrahim ke PP Fatchul ‘Ulum, Yai Lik menyampaikan dengan tulus kepada Prof Roem bahwa beliau siap membantu untuk memperkenalkan Ma’had ‘Aly Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya kepada para tokoh dan masyarakat Pacet. 

Prof Roem bersama Para Mahasantri silaturrahim kepada Yai Lik, Pengasuh PP Fatchul'Ulum
Para Guru dan kepala sekolah, Pengajar TPQ, maupun para Takmir Masjid yang menjadi tempat KPM Mahasantri umumnya agak kaget ketika diberitahu masa KPM hanya dua minggu. Sebab biasanya kegiatan sejenis KPM  ini berlangsung selama dua bulan. Namun begitu, walau tidak terlalu lama  mereka tetap sangat berterimakasih kepada Ma’had ‘Aly yang telah mempriorotaskan lembaganya menjadi pilihan untuk KPM. Kemudian mereka berharap tahun selanjutnya tetap diadakan lagi KPM seperti ini di tempat tersebut.
Ustadz Chanan, Dosen Mata kuliah KPM mendampingi Mahasantri silaturrahim ke Yayasan Surban
Penutupan kegiatan KPM dilaksanakan hari sabtu, 20 Februari 2016 di masjid al-Firdaus, desa Warugunung dengan mengundang Camat dan Kepala Desa setempat. Dalam acara penutupan, untuk menyampaikan pesan dan kesan para mahasantri Ma’had ‘Aly diwakili oleh Ustadz Hartono dan beliau sempat meneteskan airmata. Menurutnya, di luar dugaan bahwa KPM ternyata berlangsung begitu berkesan dan penuh cerita yang amat mengharukan. Tentu ini tak mungkin dilupakan. 
Ustadz Hartono, Salah satu Mahasantri peserta KPM
Semoga ilmu dan inspirasi yang disampaikan para Mahasantri selama selama KPM mendapat barakah dari Allah SWT dan menjadi kontribusi Ma’had ‘Aly Al-Akbar di Masyarakat, khususnya bidang pendidikan dan keagamaan. 
Ustadz Drs. Ec. H. ABD. CHANAN, DIPL, MBA, MMI - Sekretaris Ma'had 'Aly-  menyampaikan laporan kgiatan KPM saat penutupan di Masjid al-Firdaus



*Oleh : Ahmad Zailani, salah satu Mahasantri peserta KPM Ma’had ‘Aly Masjid Nasional al-Akbar Surabaya 2016