Minggu, 31 Januari 2016

Nguping Ilmu





Pelepasan keberangkatan acara outing class oleh Prof. Roem Rowi, MA (Mudir Ma'had Aly al-Akbar)


Tiba di lokasi Bakti Sosial di Pacet

Tepat seminggu yang lalu, tanggal 23-24 januari saya mengikuti outing class yang diadakan Ma’had ‘Aly Masjid Nasiolanal-Akbar Surabaya. Acara tersebut diselenggarakan di pacet, Mojokerto. Ada sesuatu yang terkenang dari sana. 
Ceritanya begini; saat Ishoma (istirahat, sholat dan makan) secara tidak sengaja saya berdekatan dengan orang sholeh yang baik hati. Kebetulan namanya juga Sholeh, lengkapnya Ahmad Sholeh. Beliau adalah salah satu mahasantri Ma’had ‘Aly yang hafidz al-Qur’an (Subhaanallah. Semoga kita nyusul. Aamiiin).  Beliau juga anggota aktif Majelis al-Fatih Ma'had Aly.

Secara tidak sengaja saya mendengar apa yang beliau obrolkan dengan mahasantri yang ada di dekatnya. Dan kebetulan temanya keren banget, akhirnya saya bela-belain ‘nguping’ sambil ‘ngemil’ nasi.*Sambil lanjutin makan maksudnya.

Apa yang jadi topik pembicaraan? Tentang pengalaman beliau dalam menghafal 30 juz al-Qur’an. Salah satu pesan beliau yang saya denger, “Menghafal itu jangan terlalu sibuk mencari metode / cara menghafal. Menghafal itu ya menghafal. Kalau kita sibuk nyari metode yang baik, metode yang sesuai, metode yang praktis dan lain-lain, ya kita gak ngafal-ngafal”. Jleb!

“Nikmatnya punya hafalan al-Qur’an itu,” lanjutnya, “kita bisa menikmati shalat memakai surat-surat panjang seperti yang dibaca Rasulullaah saat tahajjud. Jadi itulah salah satu nikmat besarnya. Bisa merasakan shalat seperti yagn dilakukan Rasul”. Jleb, lagi!
MasyaAllah. Inilah rejeki tak terduga. Menikmati sarapan di tempat yang sejuk dan mendapat nasehat berbobot. Terimakasih yai Sholeh.

Soal hafalan al-Qur’an, saya teringat salah satu pesan guru saya di Purbalingga, Ustadz Ahmar Kholid. “Cepat atau lambatnya kita berhasil menghafal al-Qur’an jangan terlalu dirisaukan,” katanya, “Karena menghafal dan muroja’ah (mengulang hafalan) adalah proses seumur hidup. Di situlah salah satu fungsinya menghafal al-Qur’an; agar kita bisa tilawah al-Qur’an setiap hari sepanjang hayat.” Jleb, jleb, jleb!

#SaatnyaKemilau

Inilah orang yang nguping itu.. :D
Ahmad Sholeh al-Hafidz, saat tampil pada agenda malam outing class

Lembaga di bawah pimpinan Ustadz Ahmar Kholid, Purbalingga


Klik di sini untuk membaca tulisan terkait Ma'had Aly Masjid Nasional al Akbar Surabaya 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar